Kamis, 11 Oktober 2012

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi


1.Media Cetak
 Media cetak adalah media massa yang disebarluaskan dalam bentuk kertas cetakkan. Media cetak bermula ketika Guttenberg menemukan mesin cetak pertamanya, dan koran menjadi media komunikasi cetak yang hingga saat ini masih eksis. Koran merupakan media informasi dan komunikasi yang sifat penyampaian informasinya delayed atau tertunda. Artinya, informasi yang tercetak tidak sesuai waktu terjadinya peristiwa. Biasanya koran pagi memuat informasi hari sebelumnya. Media komunikasi cetak selain koran antara lain majalah,buletin,pamflet,tabloid,dan sebagainya. Lazimnya, media cetak adalah media yang disebarluaskan memakai kertas. Namun perkembangan saat ini, sudah banyak penerbit yang meng online-kan media cetaknya melalui internet, sehingga akan lebih muda diakses walau di belahan dunia yang tidak terjangkau distribusi koran bentuk cetaknya. Tentunya dengan syarat harus ada sarana internet untuk hal tersebut.

2.Media Elektronik
Selain media cetak  yang telah disebutkan di atas, kita juga mengenal media elektronik. Media elektronik adalah sarana media massa yang mempergunakan alat-alat elektronik modern, misalnya Radio, televisi, telepon, faksimile, dan komputer.

a.Radio
Radio merupakan media elektronik yang sangat murah yang dapat dinikmati semua orang. Radio menggunakan teknologi pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik.

b.Televisi
Televisi berasal dari kata "tele" dan "vision". Tele berarti jauh dan vision berarti tampak, sehingga televisi dapat diartikan melihat dari jauh. Televisi juga dapat diartikan sebuah alat penangkap siaran bergambar.

c.Faksimile
Faksimile berasal dari bahasa latin "fac simile" yang artinya "make similiar" yaitu membuat sama persis. Faks atau faksimile merupakan teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk mentransfer salinan dokumen atau data melalui jaringan telepon.sebuah mesin faksimile (telecopy/telefax) terdiri atas image scanner, modem, dan printer yang digabungkan.

d.Telepon
Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Selain telepon berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan  pesan singkat, short message service(SMS).

e.Komputer
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khusunya teknologi komputer, Untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual yang sudah digantikan  perannya oleh komputer.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar