Senin, 10 Desember 2012

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Peran dalam Bidang Ekonomi
Saat ini di masa-masa yg akan datang, dunia bisnis dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan konsumen. Hal ini disebabkan karena konsumen lebih mempunyai daya tawar (bargaining power) akibat banyaknya informasi yg beredar. Jika ada perusahaan yg memiliki kualitas barang yg baik dan harga lebih murah, tentu konsumen akan segera berpindah memakai barang hasil perusahaan tersebut.

Untuk menghadapi persaingan tersebut, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk alat jual beli produk secara cepat dan luas sehingga menjadi lebih efesien dari segi tenaga, waktu, serta biaya. saat ini terdapat layanan e-commerce dalam hal jual beli lewat internet. E-commerce mencakup banyak hal dalam aktifitas jual beli, seperti penawarann, pembelian, pembayaran, iklan, dan sebagainya.

2. Peran dalam Bidang Pendidikan 
Istilah e-education dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan internet di bidang pendidikan dalam bentuk " sekolah maya ". Istilah e-education yang lebih spesifik lagi, yaitu e-learning.

Dalam teknologi e-learning, semua proses belajar mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas, dilakukan secar live namun virtual, artinya dalam saat yang sama, seorang guru mengajar didepan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dengan komputer lain.

3. Peran dalam Bidang Pemerintahan
Salah satu peranan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pemerintahan adalah e-goverment. istilah e-goverment merupakan bentuk layanan internet yang digunakan oleh pemerintah untuk keperluan informasi dan program-program pembangunan yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar