Selasa, 23 Oktober 2012

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi


1.Peran dalam Bidang Pendidikan
Istilah e-education dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan internet di bidang pendidikan dalam bentuk "sekolah maya". Istilah e-education yang lebih spesifik lagi, yaitu e-learning, yang mana istilah ini lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah taransformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital dan dijembatani oleh teknologi internet.

Apabila dunia kependidikan kita menggunakan e-learning, maka akan memberikan beberapa keuntungan, antara lain berikut.
1.Dari segi finansial, akan mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat peendukungnya, termasuk pengajar.
2,Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya, dapat dikurangi namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet.
3.Dari sisi penyelenggara, biaya pengadaan e-learning sendiri dapat diredukasi, yaitu  jumlah peserta didik yang dapat ditampung jauh lebih banyak.

2.Peran Dalam Bidang Ekonomi  
Saat ini dan di masa-masa yang akan datang, dunia bisnis dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan konsumen. Hal ini disebabkan karena konsumen lebih mempunyai daya tawar (Bargaining Power) akibat banyaknya informasi yang bereda. jika ada perusahaan yang memiliki kualitas barang yang baik dan harga lebih murah, tentu konsumen akan segera berpindah memakai barang hasil perusahaan tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk alat jual beli produk secara cepat dan luas sehingga menjadi lebih efisien dari segi tenaga, waktu, serta biaya.
di wilayahnya.
3.Peran dalam Bidang Transportasi
Saat ini banyak sistem transportasi yang dapat dikontrol melalui teknologi informasi dan komunikasi. Dunia penerbangan, angkutan darat dan laut, bahkan transportasi luar angkasa banyak memanfaatkan TIK. Salah satunya adalah untuk mengatur jalan transportasi sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan dan kecelakaan dalam transportasi.

4.Peran dalam Bidang Kesehatan
Dunia kedokteran sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi. Berkat kemajuan teknologi informasi, para pelaku dunia kedokteran dapat bertukar informasi  dengan mudah ketika melakukan riset atau memantau pengobatan. Dengan demikian penelitian kedokteran dapat dilakukan dengan mudah.

5.Peran dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan
kemajuan teknologi informasi meemberikan kemudahan bagi suatu negara dalam memantau kondisi keamanan wilayahnya, atau bahkan wilayah negara lain melalui sateli-satelit militer yang megorbit di atas muka bumi ini. Tentara sebuah negara bahkan tidak harus hadir di negara lain hanya untuk mengebom objek sasaran yang ada disuatu negara, yaittu dengan memanfaatkan teknologi GPS (Geo Positioning System).

6.Peran dalam Media Massa
kemajuan TIK berakibat pada semakin banyaknya pilihan informasi yg dapat diakses. Media bisa mendapatkan dan menyiarkan berbagai informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat dan akurat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar